News Update :
Home » » Peraturan Terbaru MotoGP 2016

Peraturan Terbaru MotoGP 2016

Penulis : Ufik Madara on Friday, November 13, 2015 | 3:57 AM

 

Perubahan Peraturan Motor Di MotoGP 2016


Berita Moto GP 2016 dan Belum genap sepekan musim MotoGP 2015 berakhir namun seluruh tim mulai bersiap menyambut musim baru. Masih di Valencia, Valentino Rossi dkk sudah memulai persaingan dengan serangkaian tes.

Dari dua hari tes yang digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, banyak pebalap sudah menyuarakan pendapatnya terkait hal-hal baru yang akan mulai diberlakukan musim depan. Yang paling utama adalah soal Michelin yang menggantikan Bridgestone dan penyeragaman Electronic Control Unit (ECU).

Pebalap tentunya harus beradaptasi ulang dengan pemakaian ban baru di motor mereka. Sementara perangkat elektronik anyar bikinan Magneti Marelli sejauh ini mendatangkan keluhan dari banyak rider.

Termasuk Michelin dan ECU dari Magneti Marelli, secara garis besar ada lima perubahan utama pada MotoGP 2016 dibanding MotoGP 2015. Mereka adalah:


1. Perangkat Elektronik / ECU (Electronic Control Unit)

Seluruh tim tanpa kecuali akan menggunakan perangkat lunak yang sama buatan Magneti Marelli. Di musim 2015 ini ECU bikinan Magneti Marelli sudah terpasang di motor Suzuki dan motor lain yang masuk kategori Open. Tiga pabrikan utama, Honda, Ducati, dan Yamaha, masih memakai ECU buatan sendiri.

Dengan situasi seperti itu, rider-rider Honda, Ducati, dan Yamaha harus beradaptasi dengan ECU baru. Teknologi ECU produksi Magneti Marelli diklaim tidak semaju buatan Honda, Ducati dan Yamaha. Rossi beberapa hari lalu menyebut kalau penggunaan ECU Magneti Marelli adalah sebuah kemunduran.

2. Ban

Bridgestone meninggalkan MotoGP dan tempatnya diambil alih Michelin.

Sejauh ini para pebalap sepertinya puas dengan kondisi ban belakang yang punya grip bagus terhadap aspal. Namun beberapa keluhan muncul terkait kondisi ban depan, yang dirasa kurang menempel dan menyebabkan beberapa kecelakaan.

3. Mesin

Seluruh tim yang berpartisipasi musim depan dapat jatah mesin yang sama yakni tujuh. Sanksi akan jatuh apabila ada pebalap atau tim yang memakai mesin melebihi dari yang ditentukan.

Jumlah tujuh mesin merupakan peningkatan untuk tim pabrikan karena di musim 2015 ini mereka cuma dijatah lima mesin. Kondisi berbeda untuk tim yang tahun ini berstatus Open karena jatah mesin mereka jadi berkurang lantaran di musim ini ada jatah 12 mesin yang bisa dipakai.

4. Bahan Bakar

Kapasitas bahan bakar juga dikurangi menjadi 22 liter. Ducati bisa jadi tim yang paling diuntungkan karena kapasitas bahan bakar motor mereka musim ini mereka sudah di angka tersebut. Itu artinya mereka tidak perlu dipusingkan dengan perubahan distribusi berat pada tunggangannya.

5. Berat Motor

Berat motor juga mengalami penurunan untuk musim depan dari 158 kg di musim ini menjadi 157 kg tahun depan. Angka tersebut menurun 3 kg dibanding dua tahun lalu (160 kg).

MotoGP musim 2016 akan dimulai di Qatar pada 20 Maret. Sama seperti tahun ini, akan ada 18 balapan digelar hingga akhirnya seri penutup dihelat di Valencia (13/11/2016).
Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. Berita MotoGP . All Rights Reserved.
Design Template by Kwanyar News | Support by creating website | Powered by Blogger