Perubahan Peraturan Motor Di MotoGP 2016
Berita Moto GP 2016 dan Belum genap sepekan musim MotoGP 2015 berakhir namun seluruh
tim mulai bersiap menyambut musim baru. Masih di Valencia, Valentino Rossi dkk
sudah memulai persaingan dengan serangkaian tes.
Dari dua hari tes yang digelar di Sirkuit Ricardo Tormo,
banyak pebalap sudah menyuarakan pendapatnya terkait hal-hal baru yang akan
mulai diberlakukan musim depan. Yang paling utama adalah soal Michelin yang
menggantikan Bridgestone dan penyeragaman Electronic Control Unit (ECU).
Pebalap tentunya harus beradaptasi ulang dengan pemakaian
ban baru di motor mereka. Sementara perangkat elektronik anyar bikinan Magneti
Marelli sejauh ini mendatangkan keluhan dari banyak rider.
Termasuk Michelin dan ECU dari Magneti Marelli, secara garis
besar ada lima perubahan utama pada MotoGP 2016 dibanding MotoGP 2015. Mereka
adalah:
1. Perangkat Elektronik / ECU (Electronic Control Unit)
Seluruh tim tanpa kecuali akan menggunakan perangkat lunak
yang sama buatan Magneti Marelli. Di musim 2015 ini ECU bikinan Magneti Marelli
sudah terpasang di motor Suzuki dan motor lain yang masuk kategori Open. Tiga
pabrikan utama, Honda, Ducati, dan Yamaha, masih memakai ECU buatan sendiri.
Dengan situasi seperti itu, rider-rider Honda, Ducati, dan
Yamaha harus beradaptasi dengan ECU baru. Teknologi ECU produksi Magneti
Marelli diklaim tidak semaju buatan Honda, Ducati dan Yamaha. Rossi beberapa
hari lalu menyebut kalau penggunaan ECU Magneti Marelli adalah sebuah
kemunduran.
2. Ban
Bridgestone meninggalkan MotoGP dan tempatnya diambil alih
Michelin.
Sejauh ini para pebalap sepertinya puas dengan kondisi ban
belakang yang punya grip bagus terhadap aspal. Namun beberapa keluhan muncul
terkait kondisi ban depan, yang dirasa kurang menempel dan menyebabkan beberapa
kecelakaan.
3. Mesin
Seluruh tim yang berpartisipasi musim depan dapat jatah
mesin yang sama yakni tujuh. Sanksi akan jatuh apabila ada pebalap atau tim
yang memakai mesin melebihi dari yang ditentukan.
Jumlah tujuh mesin merupakan peningkatan untuk tim pabrikan
karena di musim 2015 ini mereka cuma dijatah lima mesin. Kondisi berbeda untuk
tim yang tahun ini berstatus Open karena jatah mesin mereka jadi berkurang
lantaran di musim ini ada jatah 12 mesin yang bisa dipakai.
4. Bahan Bakar
Kapasitas bahan bakar juga dikurangi menjadi 22 liter.
Ducati bisa jadi tim yang paling diuntungkan karena kapasitas bahan bakar motor
mereka musim ini mereka sudah di angka tersebut. Itu artinya mereka tidak perlu
dipusingkan dengan perubahan distribusi berat pada tunggangannya.
5. Berat Motor
Berat motor juga mengalami penurunan untuk musim depan dari
158 kg di musim ini menjadi 157 kg tahun depan. Angka tersebut menurun 3 kg
dibanding dua tahun lalu (160 kg).
MotoGP musim 2016 akan dimulai di Qatar pada 20 Maret. Sama
seperti tahun ini, akan ada 18 balapan digelar hingga akhirnya seri penutup
dihelat di Valencia (13/11/2016).