Stefan Bradl dan Alvaro Bautista Bersama Aprilia Untuk MotoGP 2016
Persiapan MotoGP 2016 dan Aprilia All New RS-GP, sepeda
motor sesungguhnya untuk berlaga di ajang MotoGP melakukan debut di trek. Uji
coba tertutup itu dilakukan Aprilia di Sirkuit Aragon, Rabu-Kamis, 10-11
Februari 2016 lalu, lalu diakhiri dengan kesan positif.
Sepeda motor yang diuji adalah hasil kerja keras pabrikan
Italia itu untuk segera menggusur sepeda motor yang saat ini digunakan tim.
Pada uji coba resmi pertama di Sepang misalnya, motor yang dipakai adalah tipe
ART yang dikembangkan dari Aprilia RSV4, dan terbukti tak kompetitif.
Setelah RS-GP digeber tester Mike di Meglio, Aprilia bilang
ke GPOne dan Speedweek bahwa motornya hasil pengujian memuaskan. Memang tidak
ada catatan waktu yang dirilis dan bukti otentik, namun komentar pebalap dan
manajer tim cukup menggambarkan kesaktian motor baru.
”Sangat menyenangkan akhirnya ke trek setelah banyak
bekerja. Kami memulai dari kertas kosong dan akhirnya sepeda motor khusus untuk
MotoGP yang didesain Aprilia turun. Dua hari positif, meski Mike di Meglio
kecelakaan,” ucap Romano Albesiano, Manajer Tim Aprilia Racing.
Dirinya menegaskan bahwa uji coba pertama ini hanyalah
sebatas penjajakan. Tujuannya memastikan bahwa setiap komponen yang terpasang
pada RS-GP 16 berjalan sesuai yang diharapkan.
Soal motor, Aprilia masih malu-malu memberi info. Kabarnya
RS-GP lebih ringan 10 kg ketimbang motor lama. Albesiano membuka sedikit fakta
bahwa sudut konfigurasi silinder berubah.
Spekulasi lain, Aprilia RS-GP 16 pakai crankshaft tipe
counter-rotate seperti dilakukan Ducati dan Yamaha. Keuntungan sistem itu
membuat sepeda motor lebih gampang dikendalikan saat menikung, serta membantu
mengurangi roda depan terangkat.
Aprilia akan mencobanya lagi Qatar bersama pebalap Stefan
Bradl serta Alvaro Bautista, 21-23 Februari 2016. Mereka memastikan tidak ikut
tes resmi di Phillip Island.