News Update :
Home » » Meraih Mimpi Rider Indonesia Tampil di MotoGP

Meraih Mimpi Rider Indonesia Tampil di MotoGP

Penulis : Kwanyar News on Tuesday, December 15, 2015 | 4:48 AM


MotoGP Indonesia Mimpi Anak Negeri Balap Di Negeri Sendiri


Para rider top MotoGP rencananya akan beradu kencang di MotoGP Indonesia pada 2017 mendatang. Pertanyaannya, kapan rider-rider Tanah Air bisa ikut serta bersaing di antara mereka?

Pada pertengahan 1990-an lalu Indonesia juga pernah menggelar kejuaraan dunia balap motor grand prix di Sentul. Saat itu kelas primernya masih bertajuk 500cc.

Walau selepas 1997 tak lagi menjadi tuan rumah, animo luar biasa senantiasa hadir mengiringi musim demi musim ajang tersebut. Sampai akhirnya muncul wacana, yang jadi nyata, MotoGP di Indonesia pada 2017 mendatang.

Untuk para penggemarnya, kabar itu jelas luar biasa karena akan ada kesempatan menyaksikan para rider pujaan beraksi langsung di depan mata. Tapi bukankah akan lebih luar biasa jika di antaranya juga ada pebalap dari negeri sendiri?

Tentu saja untuk menembus MotoGP tidaklah mudah. Seperti namanya, kelas primer, ada pula jenjang Moto2 dan Moto3 yang lazimnya dilewati seorang rider dan sama sengitnya. Tak ayal ada banyak hal yang harus jadi modal seorang rider.

"Semua ada prosesnya. Pasti kami ingin bisa membawa anak-anak ini ke sana, kami masih dalam proses itu," ujar Manager Safety Riding & Motorsport Astra Honda Motor Anggono Iriawan kepada detikSport di Buriram, Thailand.

"Potensi tidak cukup, tapi juga butuh pengelolaannya. Grand Prix bisa saja, tapi kalau cuma promosi saya tidak mau. Tampil di MotoGP itu tidak gampang."

"Dari ridernya juga, tidak hanya potensi dan skill, tapi juga hati, mental, attitude yang baik dan jangan besar kepala. Sedangkan fisik hampir sama, pasti akan ada kesempatan. Kapan? secepatnya lah kami ingin membawa tidak hanya ke promosi saja tapi naik podium," bebernya.

AHM sendiri saat ini di antaranya aktif tampil di Asia Road Racing Championship (AARC) dengan bendera tim Astra Honda Racing Team, yang disebut juga menjadi medan penggemblengan pebalap dalam usaha menembus ajang kejuaraan dunia balap motor grand prix.

"Tim AHRT ini bisa dibilang new comer, masih baru. Tapi untuk ke sana (MotoGP) bukan hal yang mudah. Levelnya sudah lain," ucap President Director PT Astra Honda Motor Toshiyuki Inuma.

"Di tim sendiri masih sebagai pemain baru banyak hal yang harus dibenahi. Selain rider, juga setting-an motor. Total manajemen juga harus dilakukan perbaikan sampai top racing tim. Selama proses ke sana, kita susah diukur. Apakah dua tahun, tiga tahun bisa diukur? Tahapan itu yang harus dijalani sampai top racing tim."


"Dari segi pebalap sendiri mereka sudah menunjukan prestasi masing-masing dan sampai dilirik tim-tim lain. Secara manajemen pola pembinaan, pembibitan kami sudah bisa mendapatkan hasil. Tinggal manajemen itu sendiri mengatur. Saya berharap lebih banyak lagi di 2016 pebalap-pebalap di asrama Honda lebih meningkat. Untuk mencapai level-level tadi, ada jalur yang sudah kami siapkan," paparnya.

Tim-tim dari pabrikan lain boleh jadi juga sudah menyiapkan misi dan prosesnya masing-masing, yang pada akhirnya tentu diharapkan bisa memacu hadirnya rider Indonesia di kancah kejuaraan dunia balap motor grand prix secara khusus MotoGP.
Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. Berita MotoGP . All Rights Reserved.
Design Template by Kwanyar News | Support by creating website | Powered by Blogger