News Update :
Home » » MotoGP Indonesia 2017 Batal Di Adakan

MotoGP Indonesia 2017 Batal Di Adakan

Penulis : Kwanyar News on Sunday, February 7, 2016 | 2:24 AM


Sirkuit MotoGP Kalideres 2018 Ingin Di Hadirkan


Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menemukan lahan di kawasan Tegal Alur, Kalideres Jakarta, yang bisa dijadikan opsi membangun sirkuit MotoGP di Indonesia. Lokasi tersebut diklaim mirip dengan Sirkuit Sepang, Malaysia.

"Kami mendapatkan informasi ini dari internal Pemda DKI. Lahan di sana luasnya mencapai 140 hektar. Sangat mirip seperti Sirkuit Sepang (Malaysia) karena dekat dengan bandara internasional," ucap Gatot di Kantor Kemenpora, Jumat (5/2/2016).

Meski demikian, Kemenpora menemui kendala untuk memanfaatkan lahan tersebut. Sebab lokasi MotoGP Kalideres 2018 tersebut milik Pemprov DKI Jakarta. Untuk menggunakannya, perlu persetujuan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa Ahok.

"Lahannya punya Jakarta. Tegal Alur itu wilayahnya Pak Ahok. Dia rela tidak memberikan izin? Tapi waktu dia jadi Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahok pernah ada keinginan membuat sirkuit di sana," ujar Gatot.

Kemenpora masih terus mengupayakan MotoGP berlangsung di Indonesia. Awalnya balap motor ini rencananya  akan digelar 2017 mendatang. Namun Kemenpora gagal memenuhi persyaratan yang diminta pihak penyelenggara, Dorna Sport SL.

Pihak Kemenpora lalu bertemu dengan perwakilan Dorna di Jakarta. Menurut Gatot, yang hadir dalam pertemuan itu, Dorna tetap menginginkan Indonesia jadi tuan rumah MotoGP 2017, tapi tidak keberatan juga bila jadwal itu mundur ke 2018.


Alasan Gagalnya Ajang MotoGP Indonesia 2017 Karena Sirkuit Sentul tidak memenuhi standar MotoGP. Karena itu, sirkuit tersebut harus direnovasi. Pemerintah siap mengucurkan dana untuk merenovasinya. Masalahnya, dana APBN tak bisa turun untuk properti yang bukan milik negara.

Sirkuit tersebut dikuasai PT Sentul International Circuit. Pemiliknya adalah Hutomo Mandala Putra, anak mantan Presiden Soeharto. "Sirkuit itu milik swasta. Jadi APBN tidak bisa masuk,” kata Menpora Imam Nahrawi.

Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. Berita MotoGP . All Rights Reserved.
Design Template by Kwanyar News | Support by creating website | Powered by Blogger